Selasa, 25 September 2012

sebutkan dan jelskan carakerja dari output device


b.         Perangkat output / output device
-          Monitor merupakan salah satu perangkat output karena dari komputer kita bisa mengetahui bahwa komputer sedang mengerjakan apa atau bisa tahu informasi yang di berian olh komputernya.Cara  kerjanya monitor konvensional sama dengan televisi yang berbasis CRT (cathode ray tube)elektron di tembakan melalui belakang tabunng menuju bagian dalam tabung yang dilapis elemen yang terbuat dari bagian yang memiliki kemampuan untuk memendarkan cahaya. Sinar elektron tersebut melewati serangkaian magnet kuat yang membelok-belokkan sinar menuju bagian-bagian tertentu dari tabung bagian dalam.Begitu sinar tersebut sampai ke bagian kaca tabung TV atau monitor, dia akan menyinari lapisan berpendar, menyebabkan tempat-tempat tertentu untuk berpendar secara temporer. Setiap tempat tertentu mewakili pixel tertentu. Dengan mengontrol tegangan dari sinar tersebut, terciptalah teknologi yang mampu mengatur pixel-pixel tersebut untuk berpendar dengan intensitas cahaya tertentu. Dari pixel-pixel tersebut, dapat dibentuklah gambar. Dan perintah yang kita laukan didalam input akann tampil di dalam monitor karena di monitorlah sinyal manual di ubah menjadi sinyal digital dan di tampilkan.
-          Printer alat yang satu ini di gunakan untuk mencetak informasi yang telah ada ke dalam sebuah kertas, informasi yang di cetak bisa berupa karakter,simbol,serta gambar. carakerjanya adalah kita hanya memasangkan kabel USB ke port yang telah tersedia dan komputer akan menerima dan kita hanya tinggal menekan tombol atau memilih file atu gambar yang ingin di cetak.
-          Dot matrix adalah salah satu jenis printer yang pencetak yang resolusi cetaknya masih sangat rendah. Selain itu ketika mencetak printer jenis ini suaranya cenderung keras serta kualitas mencetak gambar yang kurangbaik karena gambar yang tercetak akan terlihat seperti titik titik yang saling berhubungan, umunya dot matrix hanya memiliki satu warna yaitu warna hitam. Cara kerjanya sama dengan printer pada umumnya hannya jika dot matrix menggunakan beberapa jarum atau pin kecil yang di bariskan dalam satu kolom, membentur satu pita tinta yang memposisikan  antara pin dan kertas, karakter di susun atas pola titik dengan menggerakan printhead secara menyamping kesebrang halaman dengan kenaikan yang sangat kecil.
-          Lasser printer jenis ini dalam kecepatan dan kulaitas cetakan lebih bagus dari pada dotmatrix dan inkjet, gabugan dari teknologi laser dan fotocopy,output digital dari komputer akan di ubah menjadi pulsa sinar laser.cara kerjanyaPrinter laser bekerja menggunakan prinsip listrik statis. Prinsip ini juga yang mendasari bagaimana kilat bias sampai di tanah dan lain sebagainya. Listrik statis adalah muatan listrik yang terdapat pada benda/objek yangterisolasi, seperti balon dan tubuh manusia. Listrik statis ini, digunakan printer sebagai lem sementara. Komponen inti dari sistem ini adalah photoreceptor, berupa drum atau silinder. Drum ini terbuat dari bahan yang sangat fotokonduktif.
Di dalam printer laser ada sebuah perangkat yang di sebut “Drum” yang memiliki muatan listrik. Di samping Drum ada transfer roller, yang  memberikan aliran negatif atau positif untuk men-”charge” daya muatan listrik ke “Drum”. Dalam printer laser “Drum” di aliri muatan positif, meskipun proses ini juga dapat bekerja secara terbalik (Negative). Computer Controller di dalam printer itu memanipulasi sinar laser kecil untuk “menulis” pada drum dengan muatan negatif sehingga menciptakan gambar/image secara elektrostatik.

Kemudian, “Drum” bergerak (rolling) melalui toner, yang bermuatan positif sehingga akan melekat pada bidang muatan negatif pada printer drum. Printer kemudian menarik secarik kertas, yang diberi muatan negatif yang lebih kuat dengan transfer roller bergerak melewati drum. Gambar elektrostatik pada drum akan di transfer ke kertas, yang kemudian di tempelkan untuk mencegah menempel pada drum. Kemudian dimasukkan melalui fuser yang memanaskan toner sehingga mengikat dengan serat di atas kertas.

Sementara itu, drum melewati lampu discharge, yang akan mengekspos seluruh permukaan drum dan menghapus gambar elektrostatik. Kawat transfer memberikan daya muatan positif, dan printer siap untuk mencetak halaman berikutnya.
-          Inkjet Heater di tempatkan di dasar kanal tinta, dekat nozzle printhead. dengan adanya trigger menyebabkan pemanasan cepat pada tinta di atas titik didih. trigger ini menyebabkan perubahan dari bentuk cair menjadi uap yang menyebabkan ekspansi tinta dan memaksa tinta keluar dari nozzle printhead.
tetesan tinta tersebut akan putus tiba-tiba dan gelembung akan kembali menyentuh heater, kemudian terjadi tetesan berikutnya untuk tembak.
proses ini terjadi berulang ulang dan terjadi ribuan kali per detik.
Ada 2 Type konfigurasi untuk thermal printhead ini yaitu Roofshooters dan edgeshooters

Tidak ada komentar:

Posting Komentar