Rabu, 26 September 2012

arsitektur komputer


Arsitektur komputer :
-          Dothan  adalah nama lain dari “Intel Pentium M”  dimana pentium Madalah sebuah mikroprosesor Intel x86 yang didesain oleh Intel untuk digunakan secara eksklusif untuk komputer portabel, semacam Notebook atau PC Tablet. Pentium M pertama kali dirilis pada bulan Maret 2003, bersamaan dengan chipset Intel 855, dan kartu adapter jaringan Intel PRO/Wireless 2100 Mini PCI, yang kemudian lazim dikenal dengan sebutan Intel Centrino jika ketiga komponen tersebut disatukan dalam satu sistem.Inti dari Pentium M merupakan desain dari para pengembang mikroarsitektur prosesor Pentium III yang efisien dan Pentium 4 yang gegas. Tentu saja, Pentium M juga menawarkan sesuatu yang lebih dari pada kedua pendahulunya itu, seperti hal-hal berikut ini: Penggabungan micro-operation (oleh Intel disebut dengan Micro-operation fusion). Hal ini akan mengakibatkan throughput yang lebih tinggi dengan menggunakan daya yang rendah.Hasil desain tersebut, menjadikan Pentium M menawarkan performa yang sebanding, atau bahkan lebih cepat dibandingkan dengan prosesor Pentium 4, dengan tetap menekan penggunaan daya dan juga menekan terjadinya panas berlebih.
-          Nehalem adalah nama lain dari core i7  . Pada awalnya penggantian nama baru i7 membuat pelanggan setia intel cukup sulit mengingatnya. Beberapa keunggulan dari processor intel terbaru ini adalah:
1.       Memiliki performa lebih tinggi dan lebih efisien dalam penggunaan energi.
2.       FSB (Front Side Bus) digantikan dengan QuickPath Interface.
3.       Memory Controller ada dalam processor, tidak seperti yang sebelumnya terpisah dalam chip tersendiri. Dengan teknologi ini memori akan langsung terhubung dengan processor.
4.       Support Three Channel Memory , tiap – tiap kanal berisi 2 slot memori, sehingga total slot yang ada dalam mainboard yang mendukung processor ini ada 6 slot. -    Processor Core i7 sementara ini hanya mendukung memori jenis DDR 3.
5.       Core i7 menggunakan single-die device : core (inti processor), memory controller, dan cache berada dalam satu die.
6.       Menggunakan tipe socket baru yaitu Socket B (Socket LGA 1366)
Selain hal-hal baru diatas, ternyata justru didalam processor Core i7 ini menggunakan kembali teknologi lama Intel Pentium yang sudah tidak diaplikasikan didalam generasi Intel Core, yaitu Hyper-Threading . Dengan adanya teknologi Hyper-Threading ini dalam sistem operasi  ( Windows,Linux, dll) seolah – olah inti processor akan menjadi 2 kali lipatnya, misalnya : dalam sistem operasi processor Core i7 4 core akan terdeteksi menjadi 8 core. Processor i7 mempunyai 4 core ( 4 inti processor) atau lebih sering disebut dengan Quad Processor.
-          Sandy bridge adalah kode bagi prosesor baru yang dikembangkan Intel sebagai pengganti Nehalem.
Sandy Bridge disebut-sebut sebagai langkah evolusioner dari prosesor Intel Core i5 dan i7 yang saat ini menjadi “otak” banyak komputer di pasaran. Bedanya, Sandy Bridge akan mengedepankan efisiensi tenaga sehingga prosesor lebih efektif dalam bekerja. Keunggulan lainnya adalah kemampuannya mengolah data-data visual sehingga menghasilkan tampilan yang lebih detail. Prosesor ini diproduksi dengan fabrikasi 32 nm yang berbeda dengan prosesor generasi sebelumnya, Intel Clarkdale. Kini Sandy Bridge memiliki graphics processing unit (GPU) yang menyatu dengan CPU die. Desain arsitektur microprosesor ini diharapkan mampu memberikan data transfer rate yang lebih tinggi namun dengan konsumsi daya yang lebih rendah.

Selain itu, perubahan pun tidak hanya terdapat pada desain arsitektur proseor. Intel juga telah mengubah LGA 1156 socket yang digunakan pada Lynnfield dan Clarkdale dengan LGA 1155 socket untuk Sandy Brigde. Dengan demikian, Anda tidak lagi bisa menggunakan motherboard LGA 1156 untuk dipasangkan dengan Sandy Bridge. Intel juga memberikan dua pilihan chipset bagi Anda yang berencana melakukan desktop system upgrade menggunakan prosesor Sandy Bridge, yaitu P67 dan H67. Apa yang membedakan keduanya terletak pada fungsi Integrated Graphics Processor (IGP). Chipset P67 akan secara otomatis menonaktifkan IGP pada Sandy Bridge. Selain itu, Anda juga tidak dapat menemukan graphics interface pada P67 Motherboard.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar